Pendarahan Saat Bercinta, Haruskah Khawatir?

Pendarahan saat bercinta - Mengalami pendarahan saat berhubungan seks bukanlah perihal yang normal. Saat bercinta memang bakal ada beberapa cairan tubuh yang keluar, tapi andaikata darah yang keluar, ini harus menjadi perhatian khusus.

Jika pendarahan berjalan selama atau sehabis hubungan seks, bisa jadi menjadi tanda adanya persoalan kesehatan serius. Namun, di dalam beberapa kasus, pendarahan yang terkait seks tak harus dikhawatirkan.

Ini tergantung dari banyak faktor. Nah, berikut beberapa fakta mengenai pendarahan saat bercinta, seperti dilansir Boldsky beberapa waktu lalu.

Apakah yang harus diperhatikan? Pertama, wanita yang belum menopause, kadangkala mengalami pendarahan saat bercinta. Jika hal itu jarang terjadi, berarti bukanlah perihal yang harus dikhawatirkan.

Lantas, bagaimana kalau pendarahan tepat pada saat sebelum menstruasi? Jika pendarahan saat bercinta pada beberapa hari sebelum menstruasi, bisa saja hal itu terjadi sebab adanya penetrasi yang kasar. Saat susunan rahim rentan karena menstruasi, beberapa tetes darah bisa keluar.

Apakah disebabkan oleh peradangan? Pada beberapa wanita, pendarahan saat bercinta bisa menjadi sebab peradangan. Juga, infeksi layaknya gonore dan klamidia bisa yang juga bisa sebabkan pendarahan. Beberapa infeksi juga bisa menyebabkan peradangan terhadap bagian-bagian pribadi. Hal ini dikenal dengan penyakit radang panggul.

Apakah pendarahan saat bercinta bisa disebabkan oleh program KB? Pada beberapa wanita yang mengkonsumsi pil kontrasepsi hormonal, pendarahan bisa saja terjadi di pertengahan siklus ovulasi. Serviks condong lebih sensitif ketika terjadi ovulasi dan ini bisa sebabkan bercak darah. Bahkan kehamilan pun bisa sebabkan serviks menjadi lebih lembut.

Jika pendarahan yang timbul sehabis menopause? Maka sebaiknya konsultasikan ke dokter dengan segera, sebab pendarahan yang seperti demikian tidak selayaknya keluar sehabis menopause. Jika pendarahan berjalan sebab vagina kering, ini bisa diobati.

Namun jika pendarahan terjadi sebab kanker (endometrial atau serviks), maka ini adalah persoalan yang amat serius.

Kapan harus khawatir jika terjadi pendarahan saat bercinta? Jika bercak terlihat, lebih-lebih terjadi sesudah satu hari berhubungan intim, hal itu bisa terjadi sebab beberapa alasan serius lainnya. Konsultasikan segera bersama dengan dokter Anda.

Bagikan: